Mungkin Anda Pernah membuka suatu halaman website pada browser Anda, kemudian pada halaman tersebut Anda menemukan notification ( pemberitahuan) bahwa website tersebut berbahaya atau menemukan halaman yang Anda buka terinfeksi dan secara otomatis komputer Anda akan terinfeksi oleh virus tersebut. Ada beberapa penyebab terjadinya serangan malware pada komputer Anda yang pertama yaitu adanya virus trojan yang masuk pada FTP dan sebagainya.

Malware adalah Perangkat perusak berasal dari kata malicious dan software adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik

Bagaimana Cara Kerja Virus (Malware) ?

1. Saat Anda mengunjungi halaman Web yang terinfeksi (di situs orang lain, bukan situs Anda sendiri) yang banyak virus ke komputer pribadi Anda atau situs yang menampilkan Pop-up untuk membuka ataupun mendownload pada Pop-up tersebut.Maka kemungkinan besar Komputer Anda akan terkena serangan virus.

2. Mengirimkan nama pengguna dan sandi ke server yang dikendalikan oleh “hacker”.

3. Para hacker membuat koneksi FTP otomatis ke server Anda dan mendownload file HTML atau PHP yang mereka temukan.

4. Kemudian para Hacker memodifikasi file-file untuk menambahkan kode HTML (suatu “iframe” tag) yang menyebar virus, kemudian meng-upload file yang berubah kembali ke server.

5. Situs Anda mulai menyebarkan virus ke korban baru.

6. Dalam beberapa hari, situs Anda akan ditandai sebagai “Situs ini mungkin berbahaya bagi komputer Anda” di Google, menyebabkan jumlah pengunjung menurun secara drastis.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Malware ??

1. Pastikan Anda mempunyai antivirus terbaru dan ter uptodate.

2. Jika komputer Anda terserang Virus Trojan dan sebagainya segera bersihkan atau dimusnahkan dengan antivirus anda.

3. Jika Anda mempunyai website, segera daftarkan website Anda pada google melalui goole webmastertool untuk mendapatkan verifikasi website Anda. setalah itu pada Menu Google web Master Tool hilangkan /hapus malware.

4. Kemudian Silahkan coba cek website/blog anda melalui website sucuri.net.

 

selamat Mencoba ^^