Ketika akun hosting Anda aktif dan domain anda sudah dapat diakses, biasanya file hosting secara default belum ada isinya. Dan ketika Anda mengupload isi data website yang akan di onlinekan dan ketika domain diakses, maka akan tampil halaman “index of/” yang menunjukkan sistem direktori akun kita. Hal ini sangat berbahaya jika kita telah menguploadkan file penting di hosting tersebut. Dan para pengujung dapat mendownload file yang kita uploadkan yang tidak seharusnya bisa di akses oleh orang lain. Oleh karena itu agar aman, kita perlu menyembunyikan tampilan tersebut. Berikut adalah cara sederhana yang dapat anda lakukan, sembari menyiapkan website anda.

menghilangkan tampilan index of/

menghilangkan tampilan index of/

Cara menghilangkan tampilan “index of/” saat membuka website

1. Login ke cpaneL hosting anda
2. Pilih menu File Manager pada kategori Files
3. Pastikan anda berada pada posisi “/home/$USERHOSTING/public_html”
4. Klik menu “New File” beri nama index.html untuk membuat file index pada server.
5. Klik “Create New File”, Selesai.

Sekarang silahkan akses domain anda, tampilan “index of/” harusnya sudah hilang.
Jika halaman masih menunjukkan tampilan “index of/”, silahkan refresh halaman web anda tersebut dengan tombol keyboard F5 atau Ctrl+F5 (tergantung browser yang digunakan).

Tambahan: Jika anda menginginkan agar setiap folder tidak dapat diakses secara langsung, maka anda dapat menambahkan file index.html tersebut disetiap folder yang ada.