Pengertian Permalink

Permalink adalah  singkatan dari Permanent Link, yaitu suatu URL atau alamat lengkap yang menuju ke suatu halaman tertentu pada sebuah websitePermalink adalah link yang tidak berubah tanpa batas waktu. Atau url alamat web yang berasal dari menu arsip.

Menu Permalinks pada wordpress memberikan kemudahan bagi pemilik blog untuk menentukan format atau struktur dari permalink yang mereka sukai. Namun, kemudahan dalam mengubah struktur permalink tersebut justru bisa jadi sangat berbahaya bagi blog Anda, karena ” jika Anda mengganti struktur permalink sebaiknya dilakukan diawal pembuatan blog atau artikel Anda masih sedikit. Dan janganlah merubah atau membuat permalink ketika postingan Anda sudah sangat banyak dikarenakan postingan Anda terdahulu sudah terindeks oleh mesin pencari dan ketika para pengunjung website Anda membookmarks link website Anda tersebut, maka jika link tersebut dibuka kembali akan menjadi broken link (link rusak) dan mesin pencari sangat tidak menyukai hal tersebut”.

Contoh dari permalink misalnya www.herugan.com/?p=x

 Dimana X bisa berupa angka atau string yang merupakan karakter ASCII. Pada setiap instalasi WordPress baru X adalah angka, karena cara ini dapat berjalan di semua lingkungan server. Akan tetapi, pilihan ini tidak disukai oleh banyak orang (dan juga oleh search engine) karena tidak terlihat sebagus pilihan-pilihan lainnya. Oleh karena agar alamat URL dari website kita agar disukai (friendly) oleh mesin pencari, kita dapat mengubah permalink dari website kita. Caranya :

1. Masuk ke halaman administrator dari wordpress dan menuju ke

2. pilih menu “Setting – Permalinks”. Dalam bagian “Common Settings”terdapat beberapa opsi yang disediakan oleh wordpress diantaranya adalah “Day and name”,“Month and name” dan “Numeric”, kita dapat mengganti dengan memilih tipe URL yang kita sukai dari ketiga opsi tersebut. Selain itu juga terdapat opsi “Custom Structure” dimana kita dapat mengganti struktur permalink-nya sesuai dengan keinginan kita.

Struktur tag pemalink :

%year%
Digunakan untuk menampilkan tahun dalam 4 digit pada saat artikel dibuat, contoh 2008.

%monthnum%
Digunakan untuk menampilkan bulan, dalam 2 digit angka, contoh 04.

%day%
Digunakan untuk menampilkan tanggal, contoh 23

%hour%
Digunakan untuk menampilkan jam, contoh 15

%minute%
Digunakan untuk menampilkan menit, contoh 45

%second%
Digunakan untuk menampilkan detik, contoh 23

%postname%
Digunakan untuk menampilkan judul artikel

%post_id%
Digunakan untuk menampilkan nomer ID dari artikel, contoh 123

%category%
Digunakan untuk menampilkan kategori artikel

%author%
Digunakan untuk menampilkan penulis artikel

Common settings
pilih struktur permalink yang di sukai, namun di sarankan untuk tidak menggunakan struktur Default atau Numeric. Yang bagus adalah struktur permalink yang mengandung Post Name atau Judul Post, ini erat kaitannya dengan Search Engine Optimization (SEO) di masa mendatang.

Custom Structure
Custom Structure permalink adalah struktur sesuai keinginan penggunanya. Beberapa format struktur yang sering digunakan oleh para blogger.

selalamat mencoba ^^