Bagi agan-agan dan sista-sista yang  mengambil kuliah dibidang Komputer, baik itu jurusan tekhnik informatika, sistem informasi, management informatika, ilmu komputer dan sebagainya, maka secara otomatis akan bertemu dengan Database, ERD (Entity Relationship Diagram, dan DFD (Data Flow Diagram) yang mungkin saat jam kuliah sangat membuat agan dan sista ngantuk berat, padahal mata kuliah satu ini sangatlah penting, so terpaksa agan dan sista harus menahan kantuk.  jadi kali ini agan heru dan dinda akan membahas apa itu DFD (Data Flow Diagram)

Pengertian DFD (Data Flow Diagram)

 DFD (Data Flow Diagram)  alat yang digunakan pada metodelogi pengembangan sistem yang terstruktur (structured analyse and design). DFD merupakan alat yang cukup popular sekarang ini, karena dapat menggambarkan arus data di dalam sistem dengan terstruktur dan jelas, dan juga merupakan dokumentasi dari sistem yang baik.

DFD biasanya terdiri dari beberapa level, dimana level tersebut terbentuk selama program yang dibuat masih bisa di pecah, dalam arti lain masih terbentuknya proses pada program tersebut. Ada 4 elemen yang menyusun suatu DFD , yaitu :

1.Proses

Merupakan aktivitas atau fungsi yang digunakan untuk suatu program atau sistem baik komputerisasi atau manual.

2. Data Flow

Merupakan satu data tunggal atau kumpulan logis suatu data dan selalu diawali dan diakhiri pada suatu proses.

3. Data Store

Data-data yang disimpan yang mengalir pada data store. aliran data diupdate atau ditambahkan ke data store.

4. External Entity

Merupakan  orang atau organisasi yang berada diluar sistem tetapi berinteraksi dengan sistem.

Ada beberapa level yang ada dalam DFD (Data Flow Diagram) yaitu :

a. Context Diagram

pada context Diagram  sistem digambarkan dengan sebuah proses saja, kemudian Entitas luar yang berinteraksidengan proses tunggal tadi diidentifikasi. Konteks Diagram juga menunjukan semua entitas luar yang menerima informasi dari atau memberikan informasi ke sistem. Berikut ini contoh dari Diagram Konteks yang membahas Website E-Commerce

b. Level 0

Pada Level 0 menunjukan semua proses utama yang menyususn keseluruhan sistem. Level ini juga menunjukan Komponen Internal dari Proses 0 dan menunjukkan bagaimana proses-proses utama direlasikan menggunakan data flow atau tabel dari database. serta pada bagian ini juga menunjukkan semua proses terhubung dengan Entitas Eksternal dan Data Store.

c. Level 1

Pada Level 1 diciptakan atau dibuat dari proses utama yaitu Level 0, dimana semua proses menjelaskan proses dalam proses yang ada pada level 0, ketika pada simbol proses terhubung kebeberapa entitas eksternal dan data store maka akan tercipta dfd level 1atau dfd level 1 proses 1.

d. level 2

Pada Level 2 sama juga seperti pada level 1 , yaitu diciptakan dari level 1. Biasanya jarang sekali terbentuknya DFD level 2 tetapi Bisa juga mencapai pada proses Level Berikutnya, misalnya level 3

2. Simbol atau lambang DFD (Data Flow Diagram

penjelasan mengenai DFD pada website E-Commerce cukup sampai disini dlu agan dan sista semoga bermanfaat ^^