Sama seperti semua komponen elektronik, processor menghasilakan panas saat bekerja. Namun, panas yang berlebihan merupakan musuh utama dari semua komponen elektronik. Bisa menyebabkan kinerja tidak stabil hingga terbakar. Untuk mendinginkan processor yang panas, Anda bisa mengaplikasikan berbagai cara. Mulai dari membeli heatsink yang berkualitas. Hingga ke sistem pendingin yang ekstrem lagi. Seperti menggunakan water cooling atau bahkan nitrogen cair. Namun biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.

Ada sebuah solusi murah untuk mendinginkan processor, yaitu dengan menggunakan thermal grease atau nama lainnya thermal paste. Thermal grease pada dasarnya bukan mendinginkan processor, tetapi berfungsi memperlancar proses transfer panas dari processor ke heatsink.

cara membersihkan processor dengan alkhol

cara membersihkan processor dengan alkohol

Cara memakai thermal grease yang benar yaitu :

  1. Jika processor tersebut sudah dipakai, maka akan ada sisa dari thermal grease sebelumnya. Bersihkan seluruh permukaan processor dengan menggunakan cairan alcohol berkadar tinggi. Dikarenakan alcohol tidak mengandung air dan  mudah menguap. Alat yang bisa dipakai untuk membersihkan antara lain tissue, cotton bud, atau kaos.
  2. Setelah permukaan processor bersih, maka selanjutnya adalah bersihkan permukaan heatsinknya. Gunakan bahan dan alat yang sama.
  3. Setelah keduanya bersih, oleskan thermal grease yang baru ke permukaan processor, jangan sampai kebanyakan. Lalu oleskan secara merata dengan menggunakan potongan plastic sampai permukaan tertutup oleh thermal grease.
  4. Untuk processor seperti Athlon XP dan sejenisnya, thermal greasenya hanya digunakan di bagian utamanya saja yang berada ditengah. Jangan sampai keseluruhh permukaan processor.
  5. Dan langkah teakhir pasang lagi heatsinknya.

Penyebab panas pada processor bukan hanya disebabkan oleh heatsink yang kurang bagus. Ada beberapa factor lain yang turut menyumbang panas. Misalnya temperature didalam casing terlalu panas, atau pemasangan komponen yang tidak tepat. Berikut adalah beberapa kesalahkan dalam merakit komputer :

  • Pemasangan busa anti-statik di motherboard. Fungsi anti-statik adalah mencegah adanyan listrik static yang mungkin menghasilakn oleh chassis casing ke motherboard. Tetapi an dan chassis.
  • Pemasangan kabel yang berantakan
  • Salah pilih casing
  • Pemasangan kipas yang salah