Ketika pertama kali menyalakan komputer, pasti ada suara yang berbunyi “titt” sekali. Itulah yang dimaksud dengan bunyi beep. Bunyi beep dipakai oleh BIOS pada saat POST(power-on-self-test) untuk melaporkan kondisi sistem tertentu. Jika Anda mendengar bunyi beep berbeda dari biasanya (sekali bunyi “tit”) artinya sistem mengalami masalah sebelum bisa ditampilkan  dimonitor.

Dengarkan bunyi tersebut baik-baik dan catat bunyinya. Bedakan pula antara bunyi beep yang panjang dengan yang pendek. Seperti halnya pada kode morse. Hal tersebut sangat penting, karena informasi bunyi yang didapat akan menentukan masalah yang dialami.

Jika sudah mencatat bunyi beep, sekarang cari tahu merk BIOS Anda. Merk BIOS dapat dilihat di dalam buku manual motherboard. Selain itu tiap BIOS menggunakan variasi bunyi beep yang berbeda.

bunyi beep pada pc

bunyi beep pada pc

Merk AMBIOS

Merek Bios dari American Megatrends Inc, yang merupakan salah satu pembuat software BIOS teratas di dunia. Bunyi beep yang ditampilkan oleh AMIBIOS cukup cepat dan biasanya berbunyi segera setelah PC dinyalakan. Namaun ada yang berbeda BIOS dari AMIBIOS baru hanya berbunyi jika ada masalah

  1. 1 – 3 beep, ada kaitannya dengan memory yang perlu dipasang ulang atau dicoba dengan memory lain.
  2. 4 beep berkaitan dengan motherboard. Solusinya adalah coba pasang ulang semua kartu tambahan yang ada, missal sound card
  3. 5 beep ada kaitannya dengan error di processor atau kartu tambahan. Coba telusuri terlebih dahulu dari kartu tambahan dengan cara memasang satu persatu. Bila semua kartu tambahan sudah dilepas semua tetapi bunyi beep masih ada makan telusuri ke processor.
  4. 6 beep berkaitan dengan motherboard. Cobalah lakukan seperti pada kasus 5 beep. Jika belum berhasil siap-siap ganti motherboard.
  5. 7  beep berkaitan dengan error secara umum. Telusuri secara berurutan mulai dari tambahan, processor, baru kemudian ke motherboard.
  6. 8 beep berkaitan dengan video card. Jika video card onboard, makan matikan dahulu lewat BIOS dan gunakan video card lain.
  7. 9 beep berhubungan dengan AMIBIOS ROM, checksum error, solusinya sama seperti 7 beep.
  8. 10 beep berkaitan dengan CMOS read/write error.
  9. 11 beep hubungannya dengan kegagalan cache memory, solusinyapun sama persis dengan 10 beep.

 AwardBIOS

Merk BIOS yang dimiliki oleh perusahaan bernama Award. Sekarang Award sudah diambil alih oleh Phoenix Technologies. Jika 1 beep pendek di AwardBIOS artinya sistem dalam keadaan baik-baik saja. Berikut beberapa variasi beep yang ada pada AwardBIOS, yaitu :

  1. 1 panjang, 2 pendek , maka ada permasalahan di video card.
  2. 1 panjang, 3 pendek, tidak ada video card yang terdeteksi atau memoru video card error
  3. 1 beep panjang bernada tinggi  atau beep pendek yang berulang-ulang artinya ada masalah di processpor, bisa jadi kepanasan, dipasang tidak benar atau rusak.
  4. Beep lain selain yang diatas berarti ada error di memory.

 PhoenixBIOS

PhoenixBIOS mengeluarkan bunyi beep saat sebuah error fatal terjadi. PhoenixBIOS juga bisa menampilakan error tersebut pada sebuah perangkat bernama Port80h card. Kartu ini ditancapkan di slor PCI, dan bisa menampilkan kode error yang terjadi. Bagi yang sudah memiliki LED display di motherboardnya , biasanya kode error ditampilakan disitu.