Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode TOPSIS  (Technique For Others Preference by Similarity to Ideal Solution)

Metode Topsis merupakan Metode pengambilan keputusan Multikriteria yang pertama kali diperkenalkan oleh Yoon dan Hwang (1981).

Kategori TOPSIS

Kategori dari metode TOPSIS adalah kategori Multi-Criteria Decision Making (MCDM), yaitu teknik pengambilan keputusan dari beberapa pilihan alternatif yang ada, khususnya MADM (Multi Attribute Decision Making)

TOPSIS bertujuan untuk menentukan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif. Solusi ideal positif memaksimalkan kriteria manfaat dan meminimalkan kriteria biaya, sedangkan solusi ideal negatif memaksimalkan kriteria biaya dan meminimalkan kriteria manfaat (Fan dan Cheng, 2009 : 4)

Kriteria manfaat merupakan kriteria dimana ketika nilai kriteria tersebut semakin besar maka semakin layak pula untuk di pilih. Sedangkan kriteria biaya merupakan kebalikan dari kriteria manfaat, semakin kecil nilai dari kriteria tersebut maka akan semakin layak untuk dipilih.

  • Dalam metode TOPSIS, alternatif yang optimal adalah yang paling dekat dengan solusi ideal positif dan paling jauh dari solusi ideal negatif.

Deskripsi Teknik Pemodelan

  • TOPSIS menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih tidak hanya mempunyai jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif.
  • Konsep ini banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah keputusan secara praktis.
  • Konsepnya sederhana dan mudah dipahami, komputasinya efisien dan memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja relatif dari alternatif-alternatif keputusan kedalam bentuk matematis yang sederhana (Kusumadewi dkk., 2006)

Tahapan dalam Metode TOPSIS

  1. Membuat Matriks Keputusan yang Ternormalisasi
  2. Membuat Matriks Keputusan yang Ternormalisasi Terbobot
  3. Menentukan matriks solusi idel positif dan matriks solusi ideal negatif
  4. Menentukan jarak antara nilai setiap alternatif dengan matriks solusi ideal positif dan matriks solusi ideal negative
  5. Menentukan nilai preferensi untuk setiap alternative

Langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan metode topsis

  1. Elemen rij hasil dari normalisasi dengan metode Euclidean length  of a vector adalah :

    decision matrix R

    decision matrix R

  2. Membangun weighted normalized decision matrix Dengan bobot W= (w1, w2,…..,wn), maka normalisasi bobot matriks V adalah :

    weighted normalized decision matrix

    weighted normalized decision matrix

  3. Menentukan solusi ideal dan solusi ideal negatif. Solusi ideal dinotasikan A*, sedangkan solusi ideal negatif dinotasikan A-
solusi ideal

solusi ideal

4. Menghitung separasi. Si* adalah jarak (dalam pandangan Euclidean) alternatif dari solusi ideal didefinisikan sebagai:

              Dan jarak terhadap solusi negatif-ideal didefinisikan sebagai:

  1. Menghitung kedekatan relatif terhadap solusi ideal

6. Merangking Alternatif. Alternatif dapat dirangking berdasarkan urutan Ci*. Maka dari itu, alternatif terbaik adalah salah satu yang berjarak terpendek terhadap solusi ideal dan berjarak terjauh dengan solusi negatif-ideal.

 Semoga bermanfaat materi kuliah agan heru yang lalu ^^