Berikut agan heru akan berbagi sedikit pengalaman di dunia kos-kosan/kontrakan, murni dari pengalaman agan heru/herugan. Langsung saja berikut herugan akan sedikit berbagi tips & trik cari kos-kosan/kontrakan yang Aman, sekaligus tips & trik agar kos-kosan/kontrakan aman, berdasarkan pengalaman pribadi herugan adalah sebagai berikut :

1. Survei lokasi yang akan anda jadikan target kos-kosan/kontrakan.

2. Lihatlah lingkungan sekitar, apakah sesuai dengan harapan atau tidak, jika tidak jangan paksakan buat menempati di lokasi tersebut. Karena ini akan berpengaruh besar untuk jangka panjang selama menempati di lokasi tersebut.

Tips & Trik Cari Kos-Kosan/Kontrakan Yang Aman Untuk Mahasiswa

Tips & Trik Cari Kos-Kosan/Kontrakan Yang Aman Untuk Mahasiswa

3. Lihatlah orang-orang lingkungan sekitar, apakah sesuai harapan atau tidak, ini juga berpengaruh ke depannya. Apakah mudah diajak berkomunikasi atau tidak misalnya.

4. Carilah informasi dari beberapa orang yang pernah kos/kontrak di tempat tersebut, apa opini mereka tentang tempat tersebut, banyak yang positif ataukah negatifnya.

5. Lihatlah tempat/kamar yang akan anda tempati, lihatlah struktur bangunannya. Mulai dari dinding, plafon, pintu, jendela, amati keseluruhannya, apakah ada yang mencurigakan atau tidak. Misalnya pintu bekas di congkel/dirusak atau yang lainnya, ini akan membahayakan ke depannya.

6. Kalkulasi antara tempat & harga yang ditawarkan, sesuai ataukah tidak. Kebanyakan para pemilik kos/kontrakan ingin mendapatkan hasil yang besar tanpa melihat sisi lainnya, juga tanpa melihat tempat yang ditawarkan.

7. Yang tidak kalah pentingya yaitu, gerak-gerik/tata cara berbicara si pemilik kos/kontrakan, pahamilah benar-benar apakah orangnya memberikan kemudahan atau mempersulit atau beracuan pada Uang. Dalam hal ini (beracuan pada uang), sudah pasti yang punya budget banyak itulah yang akan di prioritaskan/di utamakan. Juga pahami cara bicaranya, apakah setiap omongannya bermutu & bisa dipegang atau tidak, bila dari omongan sudah mengindikasikan omongan tidak bisa dipegang, otomatis akan plin plan.

8. Gantilah kunci pintu yang lama dengan yang baru selama anda menempati kamar/kontrakan tersebut, bila anda sudah keluar bisa anda pasang kembali kunci pintu yang lama. Karena mayoritas kunci lama sudah banyak Duplikatnya dan sudah banyak yang pegang, termasuk pemilik kos/kontrakan. Ini akan menjaga anda dari tamu yang tak diundang masuk begitu saja dengan kunci lamanya. Privasi anda akan lebih terjaga. Cara ganti kunci tersebut sangatlah gampang, gantilah lubang kuncinya saja (di toko material banyak jualannya) seperti gambar berikut :

Kunci pintu rumah

Kunci pintu rumah

9. Bila anda sudah mengganti kuncinya, harap anda sendiri yang pegang semua kuncinya, jangan pernah dipinjamkan kepada yang lainnya.

10. Bila jendela anda tidak ada tralis besinya, tambahkan gembok tambahan untuk pengaman.

11. Jangan sembarangan bawa teman/orang ke kos/kontrakan anda. INGAT !!! kejahatan bisa datang darimana dan dari siapa saja.

12. INGAT !!! HATI-HATI TETAP DARI DIRI SENDIRI, BUKAN DARI PEMILIK KOS/KONTRAKAN, TETANGGA KOS, TEMAN, ATAU YANG LAINNYA.

Demikian tips trik agan heru kali ini, semoga bisa bermanfaat & membantu.