Saat suatu perusahaan berlomba membuka lowongan, masalah terbesar Anda adalah bersaing dengan kandidat pencari kerja lainnya. Kompetisi mendapatkan suatu pekerjaan sangatlah berat dan perusahaan cukup selektif dalam memilih karyawan. Anda harus melewati tantangan-tantangan dari perusahaan, yaitu tes. Melihat hal demikian, Anda jangan sampai melemahkan semangat untuk melalui tes hingga akhirnya anda diterima di perusahaan yang anda lamar tersebut. Sekali anda lemah dan putus asa, maka disitu anda akan kehilangan pekerjaan impian anda. Untuk itu Herugan akan memberikan sedikit tips & trik untuk mendapatkan pekerjaan impian anda, berikut selengkapnya :

Tips Mendapat Pekerjaan

Tips Mendapat Pekerjaan

1. Tingkatkan Rasa Percaya diri

Apakah Anda berulang kali ingin menyerah? Apakah Anda sering berkata “Bagaimana caranya Ia memiliki pekerjaan dan Saya tidak?” Itu hanya akan menambah tekanan diri Anda sendiri sekaligus menambah fikiran anda. Bulatkan tekad dan percayalah waktu untuk Anda akan segera tiba, pekerjaan impian anda akan segera menghampiri anda. Untuk itu sertai rasa percaya diri, tingkatkan rasa percaya diri anda (namun ingat jangan sampai kelabasan sampai berujung kesombongan). Percaya pada diri anda, bahwa anda memiliki kelebihan yang dibutuhkan perusahaan.

2. Fokus Sangat Diperlukan

Gagal untuk fokus dalam mencari pekerjaan merupakan satu kesalahan besar lainnya. Jika Anda benar-benar serius dalam mencari pekerjaan maka jadikan hal ini sebagai prioritas utama dan habiskan waktu untuk hal yang mengenai pekerjaan (malatih diri untuk tes tertulis/interview), jangan malah anda melakukan hal yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pencarian kerja anda, misalnya jalan-jalan, shopping, begadang dengan teman-teman, atau yang lainnya. Namun, berfokuslah pada pekerjaan yang sedang anda cari.

3. Perluas Networking

Dalam dunia mencari kerja merupakan kenyataan bahwa Anda perlu bantuan orang lain untuk dapat melangkah lebih jauh. Memiliki referensi dapat membuat dampak positif pada proses pencarian Anda. Rekan-rekan kerja terdahulu Anda mengetahui gaya bekerja, performance, kemampuan interpersonal dan komitmen yang Anda miliki terhadap perusahaan. Kegiatan networking lainnya yang dapat Anda lakukan adalah mengunjungi acara bursa kerja dan mengumpulkan kartu nama untuk mengetahui informasi lowongan yang tersedia. Anda juga dapat mengunjungi beberapa workshop atau job fair yang diadakan dalam waktu tertentu. Aktiflah di dunia internet, lihat dan cari lowongan kerja di situs-situs ternama, dan yang terakhir adalah carilah informasi melalui teman-teman yang sudah bekerja, tidak menutup kemungkinan mereka mempunyai informasi penting buat anda.

4. Persiapan Yang Matang

Anda akan gagal saat tidak mau berkorban dan bekerja keras. Pada saat Anda berhasil untuk mendapatkan panggilan interview pastikan Anda membaca mengenai perusahaan tersebut untuk mengetahui lebih jauh mengenai lowongan tersebut dan bagaimana Anda dapat menyesuaikan dengan lingkungan perusahaaan tersebut. Atau apabila anda dapat panggilan tes pada suatu perusahaan yang anda lamar, siapkan diri anda untuk mempelajari soal-soal tes. Banyak referensi di internet atau buku yang khusus membahas mengenai tes masuk kerja. Sisihkan sedikit uang untuk membayar internet atau untuk membeli buku.

5. Jangan Hanya diam

Terkadang kandidat dapat menjadi tegang hingga lupa bertanya pada saat interview. Jangan sampai hal ini terjadi kepada Anda. Bagai beberapa perusahaan, tidak bertanya meninggalkan kesan Anda tidak tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan. Anda dapat menanyakan mengenai kemampuan dan kualitas yang diperlukan untuk mengisi posisi tersebut, ekspektasi pekerjaan tersebut, level Anda, budaya perusahaan, dan lain-lain.

Pada saat sesi interview, hindari pertanyaan mengenai gaji dan hal yang terkait dengannya. Menanyakan hal yang berhubungan dengan uang dapat meninggalkan kesan Anda hanya peduli pada tunjangan semata dibandingkan dengan menjadi aset dari perusahaan.

Demikian beberapa tips-trik dalam mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat. KEEP SPIRIT ^_*