Jasa SEO atau seringkali disebut agen atau perusahaan SEO adalah suatu usaha yang bekerja membantu klien untuk meningkatkan kinerja website mereka. Ya, SEO atau Search Engine Optimization adalah sekumpulan strategi yang bisa dilakukan agar suatu website dapat memiliki performa yang baik di mata mesin pencari. Jika website Anda dapat muncul di laman awal mesin pencari, tentunya akan lebih mudah ditemukan.

 

Namun mengaplikasikan strategi-strategi SEO yang tepat bukan hal yang mudah dilakukan. Diperlukan riset dan pengamatan yang mendalam agar tepat sasaran. Tentu hal ini tidak mudah dilakukan jika Anda bukan ahlinya atau tidak memiliki cukup waktu luang. Oleh sebab itu, menggunakan jasa SEO terbaik mutlak diperlukan bagi Anda para pengusaha yang ingin website Anda dapat dilihat oleh para pembeli. Dengan demikian, Anda bisa mencurahkan perhatian Anda pada hal-hal lain yang tidak kalah penting, terkait dengan bisnis yang sedang dijalani.

 

Ada banyak sekali agen atau jasa SEO yang bisa Anda temukan di sekitar Anda. Akan tetapi, apakah Anda yakin bahwa jasa SEO tersebut benar-benar berkualitas dan layak untuk dimanfaatkan? Tentu saja, Anda harus jeli dalam memilih jasa SEO Indonesia yang mampu memajukan website Anda. Jika Anda merasa kebingungan, berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jasa SEO. Apa saja?

 

Posisi Web Jasa SEO di Mesin Pencari

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jasa SEO adalah jasa yang membantu Anda dalam meningkatkan performa website. Oleh sebab itu, sudah seharusnya website resmi jasa SEO tersebut juga berada dalam halaman awal mesin pencari.

 

Maka, hal yang wajib Anda lakukan pertama kali adalah mencoba mengetikkan keyword seperti jasa SEO terbaik, jasa SEO murah, dan lain sebagainya pada search bar mesin pencari Anda, kemudian lihat hasilnya. Website-website yang muncul pada laman awal tentunya sudah membuktikan bahwa strategi SEO mereka benar-benar berhasil di tengah persaingan yang ketat. Sehingga, tidak salahnya untuk mempertimbangkan memilih salah satu diantaranya.

 

Kualitas Website Jasa SEO

Hal berikutnya yang perlu dilakukan setelah menemukan web-web jasa SEO profesional di laman awal adalah mengecek isi website mereka. Tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu Anda untuk membuka website mereka satu per satu untuk membandingkan isinya. Salah satu hal yang perlu Anda bandingkan adalah kualitas website. Contohnya adalah kecepatan website saat Anda membukanya serta apakah sistem navigasinya membuat pengunjung merasa nyaman.

 

Memang, hal ini sebenarnya tidak berkaitan secara langsung dengan kemampuan jasa SEO tersebut dalam menangani permasalahan Anda. Akan tetapi, hal ini tentunya akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat bekerja sama dengan Jasa SEO tersebut. Perlu diingat, menggunakan jasa dari agen SEO ini berarti Anda akan menjamin hubungan dengannya jangka panjang. Sehingga, kenyamanan Anda sangat penting. Selain itu, profesionalisme pihak jasa SEO juga tercermin dari bagaimana mereka “merawat” website mereka.

 

Jenis Layanan yang Diberikan

Biasanya, jasa SEO akan memberikan layanan berupa paket-paket tertentu. Misalnya, layanan jasa SEO terbagi menjadi paket reguler, paket plus, dan paket premium. Setiap paket pastinya memiliki detail layanan yang berbeda serta harga yang berbeda pula. Cek detail paket-paket tersebut kemudian pilih berdasarkan kebutuhan Anda.

Layanan paket reguler tentunya akan memiliki harga paling terjangkau. Akan tetapi, layanan yang diberikan juga akan terbatas. Tidak ada salahnya memilih paket yang satu ini apabila Anda sedang memulai bisnis. Yang harus diperhatikan, paket ini harus sudah termasuk layanan layanan-layanan paling penting seperti SEO on-page dan off-page, riset keyword, dan evaluasi serta audit.

 

Sementara itu, paket premium dengan harga paling mahal memang biasanya paling disarankan. Namun, Anda harus mempelajari terlebih dahulu apakah website Anda memang benar-benar sesuai untuk menggunakan paket tersebut. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kondisi dompet perusahaan Anda. Jika memang ada banyak kebutuhan lainnya yang lebih penting, tidak ada salahnya untuk memulai dengan jenis paket yang lebih murah.

 

Layanan Admin Berkualitas dan Selalu Ready

Jasa Seo Website yang bagus tidak hanya menyediakan berbagai paket berkualitas. Yang tidak kalah pentingnya, perusahaan jasa tersebut juga harus menyediakan berbagai layanan tambahan yang dapat mempermudah Anda. Salah satu contohnya adalah tersedianya administrator yang selalu siap selama 24 jam.

 

Admin yang ready sangat penting sejak awal Anda menggunakan jasa dari perusahaan ini hingga selanjutnya. Di awal Anda menggunakan jasa ini, mungkin Anda perlu untuk berkonsultasi tentang jenis layanan SEO untuk website Anda. Selanjutnya, setelah Anda resmi menjadi klien jasa SEO, Anda masih harus menghubungi pihak admin apabila terjadi permasalahan.

 

Tentu, admin yang berkualitas dan selalu siap sedia akan sangat membantu. Layanan admin juga seharusnya melalui berbagai cara, misalnya melalui sambungan telepon, live chat pada website, dan whatsapp. Semakin berkualitas layanan admin, maka semakin berkualitas pula perusahaan jasa SEO tersebut.

 

Upgrade Jenis Layanan

Perkembangan dan perubahan situasi perusahaan akan berpengaruh pada banyak termasuk layanan website Anda. Misalnya, ketika perusahaan Anda semakin berkembang, Anda tentunya menginginkan kualitas website perusahaan yang semakin baik. Apalagi, jika sebelumnya Anda hanya menggunakan paket jasa SEO yang basic atau reguler saja.

 

Maka, sejak awal, pilihlah jasa SEO Berkualitas yang memungkinkan Anda untuk mengupgrade jenis layanan kapanpun. Bahkan, jika karena suatu hal Anda memutuskan untuk men-downgrade paket layanan, hal tersebut harus mampu dilakukan pula.

 

Perlu diketahui bahwa beberapa jasa SEO mungkin mengharuskan Anda untuk menunggu sampai jangka waktu tertentu untuk bisa mengubah paket layanan. Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk memilih jasa SEO yang demikian. Hanya, kendala resikonya karena keinginan Anda untuk mengupgrade atau downgrade paket tidak akan bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

 

Adanya Garansi

Sejak awal Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan sebuah agen jasa SEO, pastinya akan ada kesepakatan tentang target yang akan dicapai. Memang, ada hal-hal yang tidak bisa 100% dijamin oleh pihak agen SEO. Contohnya adalah jaminan bahwa website Anda akan selalu berada di peringkat pertama mesin pencari.

Namun apa jadinya jika performa website Anda tidak ada peningkatan sama sekali atau bahkan mengalami penurunan setelah menggunakan jasa SEO? Tentunya hal semacam ini harus menjadi pertanyaan. Anda juga berhak meminta pertanggungjawaban terkait permasalahan tersebut.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika sejak awal pihak penyedia jasa SEO memberikan garansi apabila hasil akhirnya tidak jauh di bawah ekspektasi. Garansi ini di luar kegiatan evaluasi yang dilakukan jasa SEO. Akan tetapi, perlu diketahui pula oleh klien, bahwa SEO ini bersifat dinamis. Terkadang, memang pihak mesin pencari melakukan perubahan kebijakan sehingga strategi SEO yang dilakukan mungkin tidak berjalan maksimal.

 

Testimoni Pengguna

Testimoni yang diberikan oleh pengguna jasa sebelumnya sangat penting untuk dibaca dan dipahami. Hal ini agar Anda mengetahui apakah jasa SEO terpercaya yang Anda pilih benar-benar bisa melakukan tugasnya dengan baik. 

Perhatikan pula rating yang diberikan oleh para pengguna. Kemudian, bandingkan dengan jumlah klien yang memberikan testimoni tersebut. Semakin tinggi ratingnya, maka jasa SEO tersebut semakin terpercaya dan bisa diandalkan. Apabila ada beberapa review negatif, hal ini sebenarnya wajar karena tingkat kepuasan orang bisa berbeda-beda. Review negatif tersebut bisa ditanyakan saat sesi konsultasi agar tidak terjadi pada Anda.

 

Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa SEO? Pastikan hanya memilih yang berkualitas dan terpercaya untuk performa website yang memuaskan pula. Untuk info mengenai jasa SEO terbaik, Anda bisa hubungi customer service kami sekarang juga.